Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Cara Membuat Kolam Renang di Atap Rumah

Apa itu kolam renang Rooftop, yaitu kolam renang jenis Rooftop. Kolam renang jenis Rooftop adalah semacam kolam renang yang dibangun di atas rumah, Jika anda memiliki rumah yang cukup lebar maka buatlah dak khusus di mana Dak  itu nantinya akan dibuatkan kolam renang. Ide inilah yang mendasari Mengapa begitu banyak Para pemilik rumah yang memiliki space  batas di rumah bisa dan punya harapan untuk punya kolam renang, yaitu membuat kolam renang jenis ini. Untuk proses pembuatanya Yuk, simak Cara Membuat Kolam Renang di Atap Rumah berikut ini:

1. Buat sketsa ukuran rencana lokasi kolam renang. Ukuran lokasi ini nantinya akan digunakan untuk merancang desain bentuk kolam renang sehingga kita mendapat bayangan berapa kira-kira ukuran dan bentuk kolam renang yang sesuai dengan lokasi tersebut.

2. Bentuk kolam berdasarkan ukuran lokasi kolam yang sudah ditentukan. Anda bisa memilih bentuk kolam yang menyesuaikan bentuk lokasi ataupun bentuk lain yang kira-kira cukup diterapkan di lokasi kolam.

3. Saat pembuatan kolam dimulai terlebih pertama-tama dilakukan penandaan titik batas-batas galian dengan patok. Setelah proses penggalian selesai, selanjutnya adalah proses pemasangan instalasi pipa untuk kolam. Hal ini bertujuan untuk mempermudah mengosongkan air pada kolam.

4. Setelah instalasi pipa kolam yang letaknya berada di bawah kolam renang selesai dipasang, selanjutnya tahapan pemasangan dinding bata dan lantai kerja. Lantai kerja adalah suatu cor-coran semen yang berfungsi untuk tempat alas kerja saat proses perakitan besi nantinya. Sedangkan dinding bata atau bisa juga batako berfungsi sebagai tempat menahan atau tempat cetakan cor-coran semen selanjutnya.

5. Pembesian kolam, Pada tahap ini, bekisting yang sudah siap sepenuhnya diisi dengan campuran beton. Proses ini berlangsung terus sampai bagian kolam terisi dengan campuran beton. Setelah sudah mengeras dan umur beton dirasa sudah cukup, maka dilakukan pelepasan bekisting beton. Proses pelepasan dilakukan secara hati-hati sehingga tidak merusak permukaan beton.

6. Pemberian lapisan waterproofing, yaitu untuk mencegah air dalam kolam merembes ke luar sehingga beton menjadi kedap air. Proses pelapisan watreproofing pada kolam renang ini termasuk jenis coating, bisa menggunakan kuas ataupun spray.

7. Proses finishing adalah pemasangan lapisan penutup permukaan kolam renang. Pada umumnya bahan finishing untuk bagian dalam kolam adalah keramik licin. Selain keramik ada juga bahan finishing kolam dari fiber dan reinforced membrane/liner. Bahan penutupnya bisa anda pilih sesuai selera karena tiap-tiap bahan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

8. Setelah air kolam terisi selanjutnya anda perlu melakukan  adalah menguji alkalinitas air, pH, dan kekerasan kalsium. Setelah anda melakukan tes, sesuaikan alkalinitas, pH, dan kandungan mineral air dengan tepat sebelum memasukkan klorin, asam sianurat (CYA/Cyanuric Acid), atau garam.

Cara Membuat Kolam Renang di Atap Rumah

Demikian sekilas tentang artikel Cara Membuat Kolam Renang di Atap Rumah dari www.rumahklaten.com, semoga memberi inspirasi bagi Anda yang ingin punya kolam renang di atap rumah anda. Semoga bermanfaat dan bisa berenang setiap saat.

 

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.