Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Cara Mengurus IMB di Klaten

Salah satu kewajiban yang dimiliki oleh seseorang yang akan mendirikan sebuah bangunan adalah IMB. Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengurus IMB kita akan berikan terlebih dahulu apa itu IMB. Apa Itu IMB? IMB adalah Izin Mendirikan Bangunan yang harus dilakukan oleh seseorang yang akan mendirikan sebuah bangunan.

Cara Mengurus IMB

Untuk mengurus IMB ini dapat dilakukan sendiri maupun meminta bantuan dari pihak yang menyediakan jasa pengurusan IMB ini. Beberapa langkah yang harus dilakukan apabila pengurusan IMB diserahkan kepada pihak penyedia jasa adalah :

Mengambil dan mengisi formulir di Dinas Pekerjaan Umum setempat. Setelah formulir diisi kemudian pihak pemohon menandatanganinya diatas materai Rp 6.000,- Formulir yang telah diisi kemudian dilegalisir di kelurahan dan kecamatan didaerah mana bangunan tersebut akan didirikan. Berikut adalah beberapa kelengkapan yang harus dilampirkan / diikutsertakan :

1. Gambar denah, rencana atap, rencana pondasi, rencana sanitasi, dan site plan.

2. Perhitungan beserta gambar konstruksi beton

3. Perhitungan beserta gambar konstruksi baja

4. Hasil uji laboratorium atau penyelidikan tanah untuk bangunan dua lantai atau lebih.

5. Surat sertifikat Hak Milik dan Hak Guna Bangunan

6. Surat persetujuan dari tetangga jika bagunan yang akan didirikan tersebut berhimpit dengan batas persil.

7. Apabila tanah bukanlah milik dari pemohon maka wajib menyertakan Surat kerelaan tanah bermaterai 6000 dari pemilik tanah yang telah diketahui oleh Lurah dan Camat.

8. Apabila pekerjaan diborongkan harus melampirkan Surat Perintah Kerja (SPK)

9. Untuk bangunan komersial harus ada izin usaha (HO)

10. Apabila lokasi bangunan menyimpang dari Tata Ruang kota maka harus ada izin prinsip dari pejabat Kepala Daerah.

Menyerahkan formulir beserta lampiran tersebut diatas ke DPU. Setelah formulir dan kelengkapannya diserahkan ke DPU maka pemohon yang mengurus IMB akan dibertahu apakah permohonannya tersebut akan disetujui atau tidak.

9

Cara Mengurus IMB di Klaten

Arti atau pengertian IMB (Izin Mendirikan Bangunan) adalah produk hukum yang berisi persetujuan atau perizinan yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah Setempat (Pemerintah kabupaten / kota) dan wajib dimiliki / diurus pemilik bangunan yang ingin membangun, merobohkan, menambah / mengurangi luas, ataupun merenovasi suatu bangunan.

Kehadiran IMB (izin mendirikan bangunan) pada sebuah bangunan sangatlah penting, karena bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. Bahkan keberadaan IMB juga sangat dibutuhkan ketika terjadi transaksi jual beli rumah. Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB nantinya akan dikenakan denda 10 persen dari nilai bangunan, rumah pun juga bisa dibongkar. Semoga ulasan mengenai cara mengurus IMB di Klaten dari www.rumahklaten.com ini semoga bermanfaat. Jangan lupa jika ingin mencari tanah, sawah, ruko atau rumah yang hendak dibeli atau dijual klik saja www.rumahklaten.com

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.