Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Cara Mengurus PBB

PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah satu kewajiban warga negara yang harus dibayarkan kepada pmerintah setiap tahun. bagaimana cara mengurusnya? Berikut beberapa cara mengurus PBB. Pajak buni dan bangunan diatur berdasarkan UU No. 12 tahun 1985 tentang pajak bumi dan bagunan, sebagaimana telah diubah dengan UU No. 12 tahun 1994. Berdasarkan UU No.12 tahun1985 dan UU No. 12 tahun 1994 yang dimaksud Bumi adalah permukaan bumi dan tubuh bumi yang ada dibawahnya. Sementara Bangunan adalah konstruksi teknik yang ditanam secara tetap pada tanah dan atau perairan untuk tempat tinggal, tempat usaha dan tempat yang diusahakan.

Berikut Cara Mengurus PBB

1. Mendaftarkan Objek PBB

Orang atau Badan yang menjadi Subjek PBB harus mendaftarkan Objek Pajaknya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang wilayah kerjanya meliputi letak objek tersebut, dengan menggunakan formulir Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) yang tersedia gratis di KPP atau KP2KP setempat.

2. Melengkapi Persyaratan Pengurusan PBB

Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi jika Anda ingin mengurus pembayaran PBB. Berikut ini adalah persyaratan untuk pendaftaran obyek pajak baru:

1. Mengisi blangko Permohonan Pendaftaran Obyek Baru.

2. Mengisi blangko SPOP.

3. Fotokopi KTP / Kartu Keluarga (KK).

4. Fotokopi Sertifikat Tanah.

5. Fotokopi Akte Jual Beli.

6. Fotokopi IMB / IPB.

7. Surat Kuasa (bila dikuasakan)

8. Surat Keterangan Lurah (apabila tidak ada bukti kepemilikan)

Cara Mengurus PBB

Setelah mengetahui pengertian tentang PBB, cara mendaftarkan dan persyaratannya Anda akan lebih mudah dalam mengurus PBB. Demikian cara mengurus PBB dari www.rumahklaten.com semoga lebih menjadikan pengertian untuk kita semua.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.