Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Mengenal Apa itu Roya?

Apakah Roya itu? Istilah Roya memang dikenal dalam ketentuan perundang-undangan mengenai tanah. Istilah roya dapat ditemukan dalam penjelasan umum Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah (UU Hak Tanggungan), yaitu:

“Pada buku tanah Hak Tanggungan yang bersangkutan dibubuhkan catatan mengenai hapusnya hak tersebut, sedang sertifikatnya ditiadakan. Pencatatan serupa, yang disebut pencoretan atau lebih dikenal sebagai “roya”, dilakukan juga pada buku tanah dan sertifikat hak atas tanah yang semula dijadikan jaminan. Sertifikat hak atas tanah yang sudah dibubuhi catatan tersebut, diserahkan kembali kepada pemegang haknya”.

Saat memutuskan untuk memilih menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai metode pembayaran rumah yang hendak dicicil, Anda pasti sering mendengar istilah “roya”, atau ketika membeli rumah dalam lelang bank, surat berupa roya akan diberikan kepada Anda dari pihak bank.

8

Mengenal Apa itu Roya?

Secara umum, roya disebut juga dengan dihapusnya hak tanggungan yang merupakan penghapusan hak jaminan karena telah dilakukan pelunasan utang yang dibebankan pada pemilik hak atas tanah dari pihak bank. Berdasarkan penjelasan umum UU Hak Tanggungan tersebut, dapat diketahui bahwa yang dimaksud dengan istilah roya adalah pencoretan pada buku tanah Hak Tanggungan karena hak tanggungan telah hapus. Jadi roya adalah kebijakan dari bank tersebut atau pelunasan hak jaminan pada sebuah utang. Semoga penjelasan mengenal apa itu roya dari www.rumahklaten.com ini bermanfaat. Ingin jual beli tanah, sawah atau rumah? Klik saja di www.rumahklaten.com

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.