Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Roya Adalah

Istilah Roya memang dikenal dalam ketentuan perundang-undangan mengenai tanah. Istilah roya dapat ditemukan dalam penjelasan umum UU No. 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda – Benda yang Berkaitan dengan Tanah. (UU Hak Tanggungan)

Berdasarkan penjelasan umum UU Hak Tanggungan tersebut secara umum dapat dijelaskan bahwa istilah roya adalah pencoretan pada buku tanah Hak Tanggungan karena hak tanggungan telah hapus.

Ada beberapa hal yang bisa menunjukkan hapusnya Hak Tanggungan tersebut. Hal ini sesuai dengan Pasal 18 ayat (1) UU Hak Tanggungan yang antara lain, dipicu karena:

1. Hapusnya utang yang dijamin dengan Hak Tanggungan.

2. Dilepaskannya Hak Tanggungan oleh pemegang Hak Tanggungan.

3. Pembersihan Hak Tanggungan berdasarkan penetapan peringkat oleh Ketua   Pengadilan Negeri.

4. Hapusnya hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan.

Ini berarti roya dilakukan jika perjanjian kredit yang dijaminkan dengan Hak Tanggungan tersebut telah lunas. Jadi, pada dasarnya roya tidak ada hubungan dengan apakah Anda tetap menjadi nasabah Bank tersebut atau tidak. Roya berhubungan dengan hapus atau tidaknya Hak Tanggungan, yang ditentukan dari hapus atau tidaknya utang yang dijaminkan dengan Hak Tanggungan tersebut.

Roya Adalah

Demikian Istilah Roya dari www.rumahklaten.com semoga bermanfaat. Untuk artikel tentang roya lainnya dapat ada lihat di www.rumahklaten.com.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.