Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Sukulen Adalah

Hai semuanya di artikel sebelumnya sudah membahas tentang beberapa macam tanaman baik itu kaktus tau pun sukulen, dan ternyata banyak juga ya manfaat memiliki tanaman – tanaman tersebut, tetapi apakah kamu tahu apa itu tanaman sukulen? Bagi orang awam pasti bingung ya dengan kata sukulen.

Nah sukulen sendiri adalah salah satu tanaman hias nih, Dalam ilmu botani, sukulen adalah tanaman yang mempunyai beberapa bagian lebih gemuk atau tebal, biasanya berperan menghambat penguapan air pada kondisi tanah yang kurang air atau iklim yang gersang. Arti kata sukulen berasal dari bahasa Inggris yaitu “succulent”.

sementara succulent sendiri merupakan kata Latin yaitu “sucus” yang berarti getah atau jus. Kelebihan tanaman seukulen yaitu mampu menyimpan air di berbagai bagian tubuhnya seperti akar, batang, dan juga daun.Terdapat setidaknya lebih dari 25 famili tanaman sukulen seperti Agavoideae, Cactaceae, Crassulaceae, dan Aizoaceae yang kebanyakan spesiesnya tergolong tanaman sukulen.

Habitat asli tanaman sukulen adalah dearah dengan curah hujan yang rendah dan bersuhu tinggi. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk tumbuh meskipun sumber air yang terbatas dengan mengandalkan kabut dan embun.

Para pecinta tanaman sukulen menggunakan istilah yang berbeda dengan para ahli botani. Dalam bidang hortikultura, kaktus tidak termasuk dalam cakupan sukulen. Jacobsen dalam bukunya yang berjudul “Handbook of Succulent Plants” tidak mencakup tanaman kaktus. Bahkan terdapat beberapa buku yang menggunakan judul “Kaktus dan Tanaman Sukulen” sementara dalam terminologi botani, kaktus termasuk dalam tanaman sukulen.

Kesulitan lebih lanjut dalam pengelompokan sukulen dan non sukulen adalah banyaknya genus dan famili berdaun tipis namun berbatang normal, atau berdaun dan berbatang sangat tebal. Perbedaan tersebut membuatnya sulit untuk dikelompokkan. Sumber yang berbeda bisa jadi mengklasifikasikan tanaman yang sama pada spesies yang berbeda.

Habitat tanaman sukulen, Banyak tanaman sukulen yang berasal dari daerah kering seperti semi gurun, stepa, dan gurun. Suhu tinggi dan curah hujan yang rendah memaksimalkan penyimpanan air untuk bertahan hidup pada kondisi kering yang berkepanjangan.Sukulen banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena daya tarik yang dimilikinya serta perawatannya yang tergolong mudah.

Sukulen Adalah

Itulah tadi sedikit tentang Sukulen adalah dari rumahklaten.com. Semoga bermanfaat.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.