Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Membangun rumah 3 Lantai

Membangun rumah tiga lantai adalah salah satu cara menambah ruang di dalam rumah tanpa menambah luas lahan. Cara ini biasa diterapkan oleh masyarakat perkotaan yang tinggal di kompleks perumahan atau area padat penduduk lainnya. Dalam membangun rumah tiga lantai, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan pembuatan rumah bertingkat tiga lantai, maka berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun rumah tingkat sekaligus bisa menjadi Tips Membangun rumah 3 Lantai yang perlu Anda ketahui.

1. Merencanakan tata letak ruangan

Sebaiknya Anda merencanakan secara matang tata letak ruangan dan ruangan yang dibutuhkan. Untuk rumah bertingkat yang hanya sebagian saja, maka usahakan tampak bangunan tidak mengurangi keindahan rumah Anda. Dalam melakukan perencanaan tata letak ruangan ini Anda bisa bekerjasama dengan kontraktor meningkat rumah.

2. Struktur dan letak yang jelas

Usahakan dalam pembuatan rumah bertingkat 3, Anda membuat struktur dan letak secara jelas. Hindari pembuatan kolom yang ada di tengah ruangan atau di tengah pintu.

3. Kolom tambahan

Dalam meningkat rumah, tentu Anda akan bingung dalam mengatasi pondasinya. Tak perlu khawatir karena untuk fondasi rumah satu lantai Anda tak perlu memperhitungkannya. Solusi dari masalah ini adalah dengan membuat suntikan kolom tambahan. Pastikan meletakkan kolom tambahan di samping kolom utama sehingga bisa menjadi kolom struktur yang kuat. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembongkaran lantai lama untuk pembuatan fondasi telapak.

4. Pembuatan dak

Dak sangatlah penting dalam pembuatan rumah bertingkat. Oleh karena itu Anda harus menggunakan stager dan bekisting dalam pembuatan dak. Tentunya pembuatan dak ini harus melalui pembongkaran fondasi lantai satu, namun cukup merepotkan. Solusinya adalah dengan memakai plat baja gelombang sebagai bahan pembuatan dak untuk lantai 3.

5. Penambahan tangga dan sirkulasi ke lantai

Dengan menggunakan jasa kontraktor meningkat rumah, maka Anda juga akan terbantu untuk perhitungan penambahan tangga serta sirkulasi lantai. Tentunya harus ada bagian ruangan di lantai yang dikorbankan untuk pembuatan tangga, namun Anda bisa memilih tangga model U atau J agar lebih menghemat tempat. Sedangkan untuk rumah yang luas bisa memilih tangga model melingkar.

6. Area basah

Hal yang tak kalah penting dalam pembuatan rumah bertingkat adalah penempatan area basah. Usahakan untuk membuat area basah yang tegal lurus untuk lantai satu dan dua. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membuat saluran air serta mencegah terjadinya kebocoran pipa.

7. Saluran listrik

Pastikan Anda memperhitungkan kebutuhan listrik pada lantai dua agar tak melebih daya listrik rumah Anda. Buatlah grouping baru yang akan memudahkan Anda untuk instalasi listrik di lantai tiga.

8. Perhitungan dana

Dana menjadi hal yang sangat penting dalam meningkat rumah. Anda bisa juga mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan jasa meningkat rumah. Sebagai ilustrasi, pembuatan rumah secara vertikal membutuhkan biaya sekitar 1,5 dari luas lantai. Untuk rumah dengan luas 30 meter, maka Anda membutuhkan dana sebesar 45 meter persegi. Adanya kelebihan dana ini nantinya akan memudahkan Anda dalam perhitungan pembongkaran plafon dan lantai yang akan ditutup kembali.

Tips Membangun rumah 3 Lantai

Itulah informasi mengenai Tips Membangun rumah 3 Lantai dari www.rumahklaten.com yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meningkat rumah. Semoga bermanfaat.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Uncategorized

Comments are closed.