Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Membangun rumah di Dekat Sungai

Saat ini, banyak pengembang menawarkan hunian berkonsep riverside atau riverview, alias hunian yang berlokasi di dekat aliran sungai. Namun taukah anda ternyata ada banyak peraturan yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan lahan disekitar sungai atau danau, hal ini berkaitan dengan keselamatan. Karena biasanya bangunan yang dibangun disekitar sungai memiliki kemungkinan besar retak dan roboh yang akan membahayakan manusia. Kemungkinan munculnya bencana alam juga besar, seperti tanah longsor dan banjir. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang harus dipenuhi agar bangunan yang ada dipinggir sungai memenuhi standar keamanan. Berikut Tips Membangun rumah di Dekat Sungai.

1. Membuat bantara sungai

Anda harus membangun pondasi agar tanah yang akan dijadikan rumah lebih kuat dan tidak mudah roboh. Apalagi ketika arus sungai besar dan banjir. Selain itu bahan yang digunakan untuk membangun juga harus dieprhatikan lebih cermat, karena tanah yang ada dibawahnya tidak mampu menahan beban diatas ya yang terlalu berat. Jika menahan yang berat maka bisa jadi tanah yang ada dibawahnya akan ambles dan menyebabkan bangunan rusak. Selain itu anda juga bisa membangun bangunan dengan bagian bawah bisa menggunakan batu bata dan bahan berat lainnya, dan untuk bagian atas anda bisa menggunakan bahan variasi seperti papan atau lainnya. Untuk lantai sebaiknya pilih juga lantai yang ringan, anda bisa memilih lantai kayu terbaik yang ringan dan tidak membahayakan.

2. Mempertimbangkan jarak ideal antara sungai dan rumah

Jika kontur rumah tinggi maka lokasi bisa berdekatan dengan sungai, tetapi jika kontur rumah rendah maka lokasi rumah sebaiknya jauh, hal ini untuk menghindari jika sungai mengalami banjir. Dan untuk lokasi rumah di tepi sungai yang baik adalah sungai yang melengkung memeluk rumah, sehingga suara yang keluar dari air tidak membuat bising, dan pastinya pilih rumah yang berada dipinggir sungai bersih dan jernih, jangan memilih rumah dipinggir sungai tanpa melihat kebersihan dan kejernihan airnya, karena jika anda memilih rumah dipinggir sungai yang kotor dan bau maka hanya akan membuat hidup sehari-hari anda tidak menyenangkan. Dan pastinya hanya akan meempengaruhi kesehatan anda.

3. Pilih aliran sungai yang tidak terlalu deras, selain itu pilih aliran air yang lebar

Untuk bangunan yang ada dipinggir sungai juga bisa memilih jenis-jenis dek yang bisa digunakan, ada dek dengan kontur menurun, dek dengan tangga yang ada didalam aitr, juga ada dek yang dibangun didarat. Selain itu keberadaan riprap atau dinding penahan juga sangat penting, juga dinding beton yang sangat penting untuk diperhatikan. Bangunna yang berada dipinggir sungai atau danau memiliki resiko yang besar, oleh sebab itu pembangunannya tidak boleh asal-asalan. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitektur anda untuk membangun rumah yang diimpikan dan nyaman.

Tips Membangun rumah di Dekat Sungai

Demikianlah Tips Membangun rumah di Dekat Sungai dari www.rumahklaten.com. Semog informasi tersebut dapat menjadi acuan sebelum membangun rumah di dekat sungai. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.