Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Berdomisili di kota-kota besar tentu sulit menemukan lahan yang sesuai untuk tempat kita membangun sebuah hunian. Terlebih lagi jika lokasi lahan tersebut dekat dengan posat keramaian di tengah-tengah kota. Kondisi ini yang pada akhirnya membuat harga beli lahan makin melonjak. Mereka yang punya dana minim, terpaksa membeli lahan yang pas-pasan sesuai dengan kondisi kantong di samping karena lokasi punya prospek pembangunan, berada di area tinggi sehingga tidak banjir, dan sebagainya. Tidak perlu berkecil hati untuk membangun rumah di lahan sempit, berikut Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit:

1 Membangun atap yang tinggi.

Keterbatasan lahan yang sempit bukan menjadi alasan untuk membuat rumah kecil menjadi nyaman dan indah. Dengan membuat atap yang tinggi suhu udara dalam ruangan akan lebih sejuk tanpa AC sehingga membuat rasa nyaman pada penghuni rumah. Selain itu atap yang tinggi akan memberikan kesan yang luas pada rumah.

2. Meminimalkan sekat dalam rumah.

Pembuatan sekat-sekat sebagai pembatas ruangan yang terlalu banyak pada rumah kecil akan menambah sempit ruangan yang ada di dalam rumah. Anda bisa menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu agar kesan menjadi lebih luas. Pertimbangkan penggabungan ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan atau ruang dapur dijadikan satu dengan ruang makan.

3. Memanfaatkan ruang terbuka.

Lahan yang sempit memang membatasi kreasi desain untuk menciptakan rumah yang ideal, namun keterbatasan tersebut perlu disiasati. Kita tidak dapat memaksa membuat ruang tamu di dalam rumah jika menginginkan ruang keluarga yang lebih luas. Saat ini tidak ada salahnya membuat ruang tamu di luar rumah seperti berada di teras depan. Selain menciptakan ruang tamu terbuka yang nyaman, ruang di dalam rumah bisa digunakan sebagai ruang lain. Demikian juga untuk belakang rumah. Desain dapur atau ruang makan terbuka menjadi sebuah solusi rumah kecil menjadi nyaman.

4. Pemilihan warna cat untuk ruangan.

Setelah desain rumah diterapkan untuk pembangunan rumah, ada hal yang perlu diperhatikan lagi setelah rumah berdiri yaitu emilihan warna cat tembok untuk rumah baik itu eksterior maupun interior. Pilih warna terang agar terlihat bersih, elegan dan yang terpenting akan memberi kesan luas dari yang sebenarnya. Penggunaan warna gelap akan menimbulkan kesan tambah sempit pada rumah Anda.

5. Pemilihan furniture.

Tips yang terakhir adalah penggunaan furniture yang tepat. Jangan memaksa menggunakan furniture hanya karena kesenangan saja, yang terpenting adalah fungsi dan kepraktisan. Sesuai ukuran furniture dengan kondisi rumah kecil Anda, jika perlu dapat memesan ke tukang mebel dengan desain sendiri yang telah disesuaikan dengan kondisi yang ada di ruangan rumah.

Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Demikianlah Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit dari www.rumahklaten.com. Semoga membantu bagi yang ingin membangun sebuah rumah kecil yang nyaman di lahan sempit.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.