Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Membangun rumah Tahan Gempa

Salah satu penyebab besarnya kerusakan gempa adalah karena kondisi struktur bangunan yang tidak memenuhi standar aman gempa bumi. Sebagai negara yang rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, gempa bukan lagi hal baru di negara ini. Tapi setiap kali gempa terjadi, korban yang timbul hingga meninggal dunia biasanya dikarenakan tertimpa bangunan.

Padahal, jika menengok negara lain yang rawan gempa seperti Jepang, mereka telah siap dengan membuat bangunan yang tahan gempa. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat rumah tahan gempa. Berikut Tips Membangun rumah Tahan Gempa:

Pondasi

Pondasi bangunan di tanah rawan gempa seharusnya dibangun untuk bisa menahan beban ke samping. Semakin ringan bangunan, semakin sedikit beban yang harus ditanggung. Hal ini mungkin dilakukan jika membuat beban di bagian atas lebih ringan, yaitu dengan menggunakan bahan ringan untuk atap.

Beton

Beton yang digunakan untuk beton bertulang dapat menggunakan perbandingan 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil. Air yang digunakan adalah ½ dari berat semen (FAS 0,5). Mutu yang diharapkan dapat tercapai dari perbandingan ini adalah 150 kg/cm2

Dinding

Jika bangunan tahan gempa dibuat dari bingkai yang kuat, perlakuan khusus diperlukan di lantai pertama. Jika diperlukan tambahan lubang terbuka di bagian dinding, dan ruang lebih tinggi. Jadi bagian di tingkat ini akan jauh lebih kuat di banding tingkat atasnya, dan saat guncangan terjadi, di lantai pertama dengan adanya tiang dari lantai bawah ke lantai dua, maka bangunan akan bisa menahan beban yang nantinya dihantarkan pada rangka bangunan.

Atap

Hal yang harus diperhatikan saat merancang rumah tahan gempa adalah untuk membuat bangunan tidak terlalu tinggi, dengan atas seringan mungkin. Jika diperlukan, gunakan atas rata dengan kemiringan antara tiga hingga 15 derajat.

Tips Membangun rumah Tahan Gempa

Demikianlah Tips Membangun rumah Tahan Gempa dari www.rumahklaten.com. Semoga ditips diatas dapat bermanfaat sebelm membangun rumah. Selamat mencoba.

 

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.