Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Memilih Kontraktor

Hal yang paling penting dan juga paling sulit ketika ingin membangun rumah adalah menemukan kontraktor yang tepat. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan kontraktor yang tidak hanya berkualitas, tapi juga tepat waktu dan sesuai budget. Tapi nyatanya, keberuntungan ini tidak sering terjadi, namun malah sebaliknya. Oleh karena itu, agar Anda tidak terlanjur memilih kontraktor yang salah, yuk simakĀ Tips Memilih Kontraktor untuk rumah Anda di bawah ini!

1. Sebarkan pencarian jasa kontraktor secara langsung maupun tidak langsung.

Mencari kontraktor bisa disampaikan secara terbuka melalui media massa atau tertutup. Secara spesifik, bisa kita lakukan dengan cara membuka lowongan di surat kabar atau terjun langsung ke lapangan. Anda juga bisa mendatangi kantor kontraktor/proyek-proyek pembangunan untuk menemukan kontraktor yang akan kita ajak kerjasama.

2. Tukar infromasi.

Ketika bertemu dengan kontraktor, kita bisa menyampaikan maksud bahwa kita sedang mencari kontraktor untuk mengerjakan proyek yang kita miliki. Memberikan informasi rencana proyek yang akan dikerjakan akan memberikan gambaran awal bagi pihak kontraktor.

3. Membuka tender.

Agar adil dan lebih banyak pilihan, ada baiknya pengembang membuka tender. Caranya, dengan memberikan gambar rancang bangun dan spesifikasi proyek secara detail kepada peserta tender.Ini menjadi dasar para peserta tender untuk membuat Rancangan Anggaran Bangunan (RAB) yang nantinya akan diajukan kepada developer.

4. Mengumpulkan penawaran kontraktor.

Dengan mengumpulkan penawaran kontraktor, Anda dapat menyeleksi kontraktor mana saja yang sesuai dengan anggaran pembangunan yang telah Anda rencanakan. Pengumpulan penawaran ini juga dikemas dalam presentasi dari setiap tender atau kontraktor satu per satu. Namun, undangan presentasi ini haruslah terpisah, dengan tujuan peserta tender tidak saling bertemu.

5. Negosiasi.

Setelah Anda membulatkan tekad dan menjatuhkan pilihan pada salah satu kontraktor. Saatnya bernegosiasi mengenai hal-hal yang lebih mendetail lagi. Tetapi pada saat negosiasi, Anda juga harus melakukan perhitungan matang, agar kontraktor tidak melakukan pengungarangan spesifikasi yang akan merugikan Anda pada akhirnya.

6. Atur kontrak.

Buatlah kontrak setelah kesepakatan akhir tercapai. Sekali lagi, antara hak dan kewajiban masing-masing pihak harus detail dan jelas. Detail surat perjanjian juga jangan sampai salah, seperti tanggal dan objek. Jangan lupa untuk sertakan cara penyelesaian masalah jika suatu saat nanti terjadi kemungkinan terburuk.

Tips Memilih Kontraktor

Nah, demikian Tips Memilih Kontraktor dari www.rumahklaten.com. Semoga Anda dapat menemukan kontraktor terbaik dan mewujudkan rumah impian Anda dalam waktu dekat.

 

 

 

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Uncategorized

Comments are closed.