Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor

Atap adalah salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah bangunan rumah tinggal. Untuk itu, ketika terjadi kebocoran atau kerusakan pada atap rumah anda, tentu kenyamanan anda dan keluarga menjadi terganggu. Untuk itulah kami  di sini mencoba membantu anda sedikit untuk mengatasi atap rumah yang bocor, agar ketika keluarga anda mengeluhkan adanya atap yang bocor, anda bisa diandalkan.

Sebelum kita menginjak pada bagian cara memperbaiki atap yang bocor, hendaknya kita mengetahui dulu bagaimana cara merawat atap rumah kita. Perawatan lebih baik dari pada perbaikan, betul kan? Untuk perawatan atap rumah, maka hendaknya kita melakukan pengecekan setidaknya dalam jangka waktu 3 bulan sekali.

Apa yang harus kita lakukan dalam pengecekan rutin atap rumah ini?

Pengecekan dan perawatan rutin atap rumah meliputi :

  1. Membersihkan atap dari kotoran endapan pasir dan lumut yang bisa memicu keretakan  pada atap. Bersihkan juga talang air dari sampah dan kotoran lainnya, sehingga aliran air ketika turun hujan tidak tersumbat.
  2. Cek posisi genteng. Jika ada genteng yang turun atau bergeser, maka secepatnya anda betulkan kembali sebagaimana posisi semula.
  3. Pastikan bahwa kemiringan atap genting rumah anda sudah sesuai. Genteng keramik membutuhkan sudut kemiringan sekitar 30 derajat, sedangkan asbes butuh sekitar 15 derajat. Jika hal ini tidak anda perhatikan dengan baik, air hujan dan angin, bisa saja masuk melalui celah genteng. Genteng yang sudah retak, sebaiknya langsung diganti.
  4. Periksalah juga konstruksinya , apakah kondisinya masih kokoh aman dan belum berubah.

Jika sudah terjadi kebocoran, ada beberapa trik agar anda bisa cepat mengatasinya. Pertama, anda tentunya harus memeriksa pada bagian atap yang mana yang bocor. Ini adalah pekerjaan yang tidak semudah yang ada bayangkan. Terkadang tempat jatuhnya tetesan air di lantai tidak serta merta menunjukkan di mana sumber kebocoran berada. Jika melakukan pengecekan, lebih baik anda melakukannya pada siang hari, dan mematikan aliran listrik. Jika sudah menemui sumber kebocoran, barulah anda harus memperbaikinya.

JUAL RUMAH DI DELANGGU-3

Tips Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor

Apabila atap rumah yang bocor anda terbuat dari beton, asbes, atau sirap, anda dapat menambalnya dengan memberi kawat kasa dan waterproof. Jika kebocoran terjadi pada dag beton, anda bisa memplester atau melapisi bagian yang dicurigai menimbulkan kebocoran tersebut dengan semen. Tetapi jika penyebab kebocoran adalah karena adanya genteng yang bergeser, maka yang perlu dilakukan adalah memperbaiki posisinya. Jika pecah, anda harus menggantinya dengan genteng yang baru. Jangan lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak karena terkena air yang bocor. Jangan biarkan plafon lembab, sebab bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal, misalnya mengakibatkan plafon menjadi roboh. Untuk mengurangi penyerapan panas dan mengurangi kerusakan karena air hujan, aluminium foil dengan ukuran 1-2 mm dapat dijadikan pelapis di antara plafon dan genteng. Yuk selalu rawat hunian Anda dengan tips-tips jitu dari kami. Semoga ulasan tentang tips memperbaiki atap rumah yang bocor dari www.rumahklaten.com ini bermanfaat. Ingin mencari hunian di Klaten dengan harga murah? Kenapa tak cek di www.rumahklaten.com saja

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.