Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Penting Agar Deal Negosiasi dengan Penjual Rumah

 Rumah menjadi investasi jangka panjang, menjadi tempat yang diharapkan menciptakan suasana nyaman bagi setiap anggota keluarga. Tempat yang nyaman serta kondusif tentu baik bagi keberlangsungan setiap penghuninya. Maka dari itu keputusan untuk membeli rumah, merupakan sebuah keputusan yang harus cermat serta beresiko. Dalam hal transaksi jual beli rumah ini memiliki seni bernegoisasi antara pihak penjual serta pembeli. Nah, bagaimana agar anda dapat menawar dengan menapatkan harga terbaik? simak tips selengkapnya disini….

Tips Penting Agar Deal Negosiasi dengan Penjual Rumah

Tentu  sebagai seorang penjual pasti menginginkan harga setinggi – tingginya dari rumah yang akan dijual, dan anda sebagai pembeli menginginkan harga serendah mungkin untuk dapat mendapatkan rumah yang dikehendaki. Untuk itulah adanya negosiasi harga, agar mencapai kesepakatan antara penjual dengan pembeli. Nah berikut ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk melakukan negosiasi dengan penjual rumah, agar tercapai kesepakatan :

Tips Penting Agar Deal Negosiasi dengan Penjual Rumah

Mengetahui Harga Pasaran

 Ada baiknya bila anda mengetahui lebih dahulu berapa harga dipasaran saat ini bagi rumah dengan ukuran yang sama di daerah tersebut serta perhatikan pula bagaimana kondisi rumah tersebut, sebagai indikator untuk mengetahui harga yang ditawarkan penjual sesuai atau tidaknya.

Usahakan jangan terbawa emosi

Pada saat melihat rumah yang anda pilih, usahakan tidak terlalu terbawa perasaan sangat menyukai rumah tersebut, karena hal itu tidak akan menguntungkan, sebab harga jual rumah nanti akan tidak memberi keuntungan bagi anda saat bernegosiasi.

Sudah siap berkompromi

Bersikaplah lebih fleksibel saat berkompromi, ajukan penawaran harga setelah melalukan survei . Anda dapat melakukan tiga hingga empat kali survei kondisi rumah selain itu melakukan analisi ulang perhitungan anda dan juga melakuka tarik ulur harga.

 Menggunakan Dasar Penawaran Cash Flow

Sebelum nelakukan penawaran, sebaiknya anda menghitungkan potensi keuntungannya, mulai dari harga pasar, harga likuidasi hingga harga transaksinya, sehingga dapat menentukan harga penawaran yang tepat

Menentukan batas maksimal penawaran

Anda sebaiknya telah menentukan berapa batas maksimal harga penawaran, bila terlihat penjual sulit menerima harga dibawah batas maksimal anda, sebaiknya negoisasi dihentikan saja agar tidak membuang waktu. Lakukan persiapan yang matang untuk batas maksimal yang anda tawarkan sebelum bernegoisasi.

Sebaiknya Jangan Menyebutkan Harga Terlebih Dahulu

Bagi anda yang hendak membeli, sebaiknya anda tidak menyebutkan harga jual serta batas akhir terlebih dahulu, karena setelah itu penjual akan menanyakan harga penawarannya kepada anda.

Menawar dengan harga lebih rendah

Ajukanlah penawaran dengan angka yang lebih rendah dari transaksi yang dikehendaki. Contohnya bila anda menginginkan angka 1 Milyar, ajukanlah penawaran pada angka 600 juta hingga 800 juta, ada selisih rentang harga yang dapat anda pergunakan untuk negoisasi.

Sebaiknya Jangan Mau Dipengaruhi

Diawal saat pertama kali melihat rumah biasanya anda akan dipengaruhi, usahakan anda jangan sampai terpengaruhpada keputusan penjual. manfaatkanlah waktu 3 sampai 4 hari untuk memperoleh informasi lengkap sebelum mengajukan penawaran harga kepada penjual.

Sebaiknya Meminta Tenggang Waktu

Setelah melakukan kesepakatan, msih ada negoisasi lanjutan terkait dengan jangka waktu untuk pembayaran. Pembiayaan yang dibantu oleh pihak perbankan biasanya memakan waktu kurang lebih 1 bulan, dan pihak penjualpun biasanya akan memaklumi dan menerima permintaan anda.

Demikian tadi tips negoisasi dengan penjual rumah, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca terutama bagi anda yang akan menawar rumah atau tanah.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.