Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tips Penting dalam Membeli Rumah Bekas

Bagi anda yang akan membeli rumah bekas, sebaiknya perlu dicermati terlebih dahulu. Membeli rumah bekas ini memang dapat dikatakan mudah karena telah dapat mengetahui bagaimana perkembangan kawasan disekitarnya yang telah jadi. Namun susah juga karena tidak banyak pilihan baik jumlah unit maupun model rumah yang telah tersedia, tentu perlu pembenahan setelah pasca pembelian. Apa sajakah yang perlu dicermati dalam melakukan pembelian rumah bekas? Simak tips berikut..

Tips Penting dalam Membeli Rumah Bekas

Mencermati anggaran dana

Perlu dipertimbangkan terlebih dahul, bagaimana kondisi keuangan anda. Darimana sumber keuangan serta apasaja kewajiban yang harus dilunasi. Selain itu pula, tambahkan anggaran anda, untuk renovasi rumah, biaya transaksi, pindahan, dan kebutuhan lain menyangkut rumah.

Tips Penting dalam Membeli Rumah Bekas

Surat atau Dokumen Rumah

Bagi anda yang merencanakan untuk membeli KPR dari perbankan, rumah anda haruslah bersertifikat atau memiliki kelengkapan dokumen Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ), Sertifikat Hak Milik ( SHM ), serta memiliki nilai jual di pasaran.

Membuat List Keinginan Rumah

Daftar keperluan rumah anda yang ingin diperbaiki, model, serta mulailah mencari alternatif rumah yang mendekati dengan keinginan anda. Buat sebuah daftar yang dijual, kemudian pertimbangkan fasilitas, harga, spesifikasi serta fasilitasnya apa saja. Coret harga rumah yang sesuai, rundungkan dan pertimbangkan dengan anggota keluarga yang laian, hobi, gaya hidup apa suka berkumpul atau lebih sering menyendiri. Kemudian lanjutkan dengan melakukan kunjugan yang lebih lama lagi.

Meluangkan Waktu Seminggu Untuk Mematangkan Pilihan

Katakan kepada pihak pemilik rumah atau agen properti yang menjual rumah bahwa anda berminat dan mintalah pengurangan harga, luangkan waktu minimal 7 hari, untuk meyakinkan diri, sebelum mengajukan penawaran, karena bisa saja dengan begitu anda dapat menawar harga.

Memastikan Harga Rumah

Bila akan melakukan negoisasi mengenai harga rumah, anda dapat pastikan beberapa hal yang dapat menentukan mengenai harga rumah. ” Pastikan terlebih dahulu kondisi Rumah Sebelum Anda Menawar”, sesuaikan dengan daya beli yang anda miliki, yang perlu menjadi pertimbangan yakni, sisi investasinya.

Pilihlah Notaris atau PPAT yang terpercaya

Notaris atau PPAT dipilih ataupun dibayar sepenuhnya oleh pembeli, sebaiknya notaris dan PPAT orangnya dipilih yang sama, beroperasi diwilayah tempat rumah yang akan dibeli berada. Pilihlah notaris yang berumur kisaran 40 tahunan, setelah itu cepatlah bertransaksi setelah semua dipastikan tidak bermasalah.

Bila pembelian rumah anda lakukan pada agen properti, pastikan anda memilih pada agen properti yang telah berbadan hukum serta dapat dipercaya membantu proses transaksi jual beli rumah yang anda inginkan.

Demikian tadi beberapa langkah yang dapat anda terapkan dalam membeli rumah bekas, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca, khususnya bagi anda yang berminat membeli rumah bekas.

Saat menghubungi penjual, sertakan info dari www.rumahklaten.com
Silahkan Share Info Bermanfaat IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Categories: Tips Rumah Klaten

Comments are closed.